baju pasien rawat inap
News

Cara Mencuci Baju Pasien Rawat Inap yang Baik dan Benar

Mencuci baju pasien rawat inap memerlukan perhatian khusus agar tidak menimbulkan risiko infeksi dan penyakit pada pasien. Selain itu, baju juga harus dicuci secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pasien selama berada di rumah sakit Sebenarnya tidak sulit dalam mencuci baju pasien, namun perlu dilakukan dengan metode yang tepat agar tidak merusak kualitas dan kebersihannya. Selain itu, penggunaan deterjen dan desinfektan yang tepat juga sangat penting untuk membunuh bakteri dan virus yang mungkin menempel pada baju. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencuci baju pasien yang baik dan benar.

Begini Cara Mencuci Baju Pasien Rawat Inap

Terdapat beberapa cara dalam mencuci pakaian pasien rawat inap dengan baik dan benar. Tentu cara ini sangat perlu diketahui guna menciptakan lingkungan kesehatan yang lebih baik lagi. Nah, untuk cara-caranya sendiri adalah sebagai berikut.
  • Letakkan di Wadah Tertutup

Agar pakaian tidak mengkontaminasi benda lain, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah meletakkannya di dalam wadah tertutup. Dengan begitu, risiko sentuhan dengan benda lain dapat diminimalisir.
  • Utamakan Membersihkan Kotoran Padat

Cara selanjutnya dalam mencuci baju pasien rawat inap adalah dengan membersihkan kotoran padat terlebih dahulu. Jika terdapat muntahan atau kotoran padat lainnya pada baju pasien, sebaiknya dibersihkan menggunakan sarung tangan dan benda yang keras dan datar. Setelah itu, pastikan untuk membuang kotoran padat tersebut di tempat yang tertutup dan jauh dari jangkauan banyak orang. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus yang mungkin terdapat pada kotoran padat tersebut.
  • Cuci Menggunakan Desinfektan

Langkah selanjutnya adalah mencuci pakaian dengan menggunakan desinfektan. Agar tingkat kebersihannya lebih maksimal, desinfektan dapat dicampur dengan deterjen sebelum dicuci. Pastikan untuk mencuci pakaian pada suhu 60 sampai 90 derajat Celsius agar bakteri dan virus yang mungkin menempel pada pakaian benar-benar terbunuh. Selain itu, pastikan juga untuk membaca instruksi pada produk desinfektan dan deterjen yang digunakan agar penggunaannya sesuai dengan aturan yang dianjurkan.
  • Rendam dengan Air Panas

Saat mencuci baju pasien, pastikan untuk mencuci dengan air panas agar bakteri dan virus yang mungkin menempel pada pakaian benar-benar terbunuh. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari percikan air saat mencuci yang dapat menyebar ke udara. Namun, jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan air panas, alternatif lain adalah dengan menggunakan pakaian dalam yang dicampur dengan 0,05% klorin selama kurang lebih 30 menit sebelum dicuci. Pastikan untuk membaca instruksi pada produk klorin dan pakaian dalam yang digunakan agar penggunaannya sesuai dengan aturan yang dianjurkan. Itulah beberapa cara mencuci baju pasien rawat inap yang baik dan benar. Dengan begitu dapat meminimalisir risiko penyebaran infeksi di rumah sakit atau tempat rawat inap lainnya. Nah, bagi Anda yang hendak mendapatkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk mengunjungi website resmi Medika Maesindo Global, produsen pakaian tech-fabric & disposables terkemuka untuk aplikasi medis & industri.
Tag Post :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We would love to hear from you.

Please fill in the relevant form below and our Customer Service Team will be in touch.

Download Our Company Profile.

Please fill in the relevant form below to download our company profile in .pdf.

after filling out the form above you will be directed to another page, to download the company profile file.